Penyakit Bells Palsy

Muka mati sebelah
Penyakit Bells Palsy
Ada seseorang merasakan hidup nya sehat-sehat saja, tapi tiba-tiba di suatu pagi, ketika bangun tidur, mendadak muka nya tidak bisa bergerak sama sekali.

Dipikir kena stroke ringan, tapi setelah diperiksa Gula darah, kolesterol dan tekanan darah nya normal dan setelah didiagnosa lebih lanjut ternyata dia kena serangan yang namanya BELL'S PALSY.

Penyebabnya adalah : ANGIN DINGIN, Ternyata tanpa sadar kalau kita sering terkena angin AC atau kipas angin di kantor maupun di rumah dan juga sering mengarahkan AC di mobil kearah badan dan muka.

Hal ini adalah penyebab nya, meski tidak merokok, minum alkohol dan selalu hidup sehat.

Alhasil, separoh muka nya tidak bisa bergerak dan tidak bisa tersenyum, mata yang kanan tidak bisa berkedip dan bahkan lidah pun tidak bisa bergerak ke sebelah kanan.

Hal ini disebabkan karena PERADANGAN SARAF ke-7, yang letaknya ada di BELAKANG TELINGA sampai ke LEHER kita.

Makanya mulai sekarang lindungi leher anda dengan syal atau jangan duduk di spot yang terkena langsung angin AC dan jangan arahkan semburan angin AC langsung ke tubuh dan muka kita.

BELL'S PALSY Disease, ini bisa juga menyebab kan angin duduk/masuk angin ke jantung (akibat lain nya bisa mendadak meninggal dunia) atau kena paru-paru basah dan lain lainnya.

Catatan penting, semoga ini menjadi pelajaran dan perhatian untuk kita semua kedepannya :

1. Jangan sepelekan bells palsy

2. Mencegah lebih baik dari mengobati

3. Usahakan posisi AC tidak di kepala ketika tidur, jadi cuma kaki yang kena

4. Posisi kipas angin di posisi kan semburan nya ke arah tembok, jangan langsung ke badan

5. Bukan cuma AC dan Kipas saja, tapi angin juga, ketika bepergian malam pakai sepeda motor, selalu pakai helm dan masker serta jaket karena angin nya sangat dingin.

Semoga bermanfaat untuk kita semua !!!

Sumber : DR.WILLIAM MBA, RS.SILOAM JKT.

Artikel Terkait

Latest
Previous
Next Post »