Cara Mencegah Jerawat

Cara menghilangkan Jerawat
Cara Mencegah Jerawat
Jika wajahmu pernah berjerawat atau mungkin malah masih berjerawat, ada baiknya jika Kamu memperhatikan beberapa hal berikut ini tentang cara mencegah jerawat, agar jerawat tidak datang kembali, atau belum pergi tapi jangan sampai mengajak teman-temannya kumpul di atas wajahmu yang suci. Berikut ini beberapa cara mencegah jerawat yang patut Kamu ikuti:

Cara Mencegah Jerawat dengan Rajin Membersihkan Wajah

Mmembersihkan wajah dengan teratur adalah cara pencegahan yang efektif untuk menghambat tumbuhnya jerawat. Dengan membersihkan wajah, artinya kotoran dan kuman yang menempel pada permukaan kulit wajah yang berpotensi tercampur dengan minyak kulit, tidak sempat menyumbat pori-pori hingga jerawat pun tidak timbul.

Cara Mencegah Jerawat dengan Konsumsi Buah dan Sayur

Selain baik untuk pencernaan, serat yang ada pada sayuran dan buah juga baik untuk kulit. Buah dan sayuran merupakan sumber vitamin dan sarat akan gizi yang dibutuhkan bagi kesehatan kulit. Kandungan yang ada pada sayur dan buah pun dapat memperlancar perdaran darah dan metabolisme tubuh sehingga kulit pun akan tampak lebih sehat dan risiko timbulnya jerawat pun akan berkurang.

Cara Mencegah Jerawat dengan Memperbanyak Minum

Mengkonsumsi air yang cukup merupakan salah satu hal utama dalam menjaga kesehatan kulit. Minimal Kamu harus mengkonsumsi air putih sebanyak 2 liter. Bukankah tubuh kita terdiri atas 75% air, maka supaya kebutuhan oksigen juga terpenuhi, mulai sekarang biasakanlah minumlah air putih dalam jumlah yang cukup. Pikiran pun akan menjadi lebih segar dan kulit wajahmu pun akan terlihat lebih sehat. Air putih juga dapat mengurangi efek racun dan mempercepat proses penggantian sel-sel kulit yang mati.

Cara Mencegah Jerawat dengan Istirahat Cukup

Pastinya Kamu lelah setelah seharian menjalani aktivitas. Kegiatan sehari-hari tentu saja sangat berpengaruh terhadap tingkat stress. Hal ini dapat berdampak terhadap peningkatan hormon dan produksi kelenjar minyak pada kulit wajah yang pada akhirnya akan menyebabkan timbulnya jerawat. Terlebih lebih lagi jika kegiatan yang Kamu lakukan berlanjtu hingag larut malam atau dini hari, peluang tumbuhnya jerawat pun akan semakin besar. Oleh karena itu, biasakanlah waktu beristirahat yang cukup, atur kembali jadwal kegiatan hari-harimu karena tubuh Kamu juga memiliki haknya untuk beristirahat.

Cara Mencegah Jerawat dengan Mencuci Muka Sebelum Tidur

Ketika waktu tidur di malam hari, jumlah hormon yang menyebabkan produksi minyak pada kulit wajah akan bertambah. Jika kulit wajah dalam keadaan kotor, terlebih lagi setelah beraktifitas fisik di jalan raya dengan udara perkotaan yang penuh dengan debu dan polusi, sebaiknya Kamu mencuci wajah terlebih dahulu sebelum beranjak tidur. Hal ini tentu dimaksudnkan untuk mengurangi risiko timbulnya jerawat baru. Lakukan hal ini setiap hari.

Cara Mencegah Jerawat dengan Mengurangi Makanan berlemak

Konon katanya makanan yang banyak mengandung lemak serta berminyak adalah salah satu penyebab timbulnya jerawat. Mungkin ada benarnya juga ya, makanan yang banyak lemaknya secara umum memang cenderung memberikan dampak yang negatif terhadap kesehatan tubuh. Contohnya saja seperti gorengan, daging merah, atau masakan yang dimasak dengan banyak menggunakan santan. Bukannya tidak boleh, namun sebaiknya kurangi konsumsi makanan berlemak dan mulailah perbanyak sayuran maupun buah-buahan.

Artikel Terkait

Previous
Next Post »