Mencegah Diabetes

Cara Mencegah Penyakit Diabetes
Mencegah Diabetes
Diabetes melitus atau biasanya hanya disebut 'diabetes' merupakan salah satu penyakit berbahaya di bidang kesehatan yang dapat menyerang semua manusia dari berbagai usia. Penyakit Diabetes muncul ketika hormon insulin tidak berfungsi dengan normal dan juga sel-sel pada tubuh tidak dapat merespon insulin itu sendiri. Hormon insulin berfungsi membantu menstabilkan kadar gula dalam darah anda. Pola hidup tidak sehat menjadi salah satu faktor yang menyebabkan seseorang terkena penyakit diabetes. Bagaimanakah cara ampuh mencegah diabetes tersebut..?

Gejala Awal dan Mencegah Diabetes

Diabetes terdiri dari tiga jenis yaitu diabetes tipe satu, diabetes tipe dua serta diabetes gestational. Diabetes tipe dua merupakan penyakit diabetes yang paling banyak ditemukan menyerang kehidupan manusia di seluruh dunia termasuk di Indonesia. Setidaknya teradapat tiga gejala ketika kandungan gula darah dalam tubuh cukup tinggi seperti sering kencing, mudah haus, dan terlalu cepat lapar. 

Disaat gejala tersebut muncul, ada baiknya anda melakukan beberapa tips ampuh mencegah diabetes sebagai berikut:

Mencegah Diabetes dengan Rutin Berolahraga

Sudahkah anda berolahraga hari ini...???. Semua orang termasuk anda tentu tidak akan menolak pernyataan "Olahraga baik untuk kesehatan tubuh". Manfaat olahraga terkait dengan diabetes yaitu menurunkan kadar gula darah dalam tubuh serta merangsang hormon insulin untuk berperan sesuai dengan fungsinya.

Mencegah Diabetes dengan Memenuhi Kebutuhan Serat

Buah-buahan merupakan sumber serat yang di perlukan oleh tubuh anda. Manfaat serat terkait dengan diabetes yaitu membantu kerja insulin dalam menstabilkan gula darah dalam tubuh dan berperan dalam menurunkan berat badan anda. Karena berat badan berlebih lebih beresiko besar terserang penyakit diabetes ini.

Mencegah Diabetes dengan Menjaga Berat Badan

Dalam hal ini, milikilah berat badan yang proporsional atau dengan kata lain tidak terlalu gemuk serta tidak terlalu kurus. Ini dikarenakan, berat badan yang berlebih akan meningkatkan resiko seseorang terkena penyakit diabetes melitus tersebut.

Mencegah Diabetes dengan Memerhatikan Pola Makan

Mulailah mengkonsumsi aneka makanan yang terbukti menyehatkan tubuh dengan porsi yang wajar atau tidak berlebihan. Beberapa makanan yang sehat yaitu aneka buah-buahan serta aneka sayuran yang bewarna hijau, juga daging segar berprotein yang dimasak secara baik, serta jangan lupa minum air putih dalam jumlah yang cukup. Sebaiknya jangan terlalu banyak mengkonsumsi roti-roti manis, apalagi snack-snack instan dengan pemanis buatan.

Mencegah Diabetes dengan Cek Rutin

Apalabila anda ingin benar-benar yakin seberapa sehat kadar gula dalam tubuh anda, tentu cara terbaik yang paling akurat adalah dengan melakukan pengecekan melalui cek rutin ke dokter spesialis berdasarkan hasil laboratorium. Perhatikan nasihat dokter dengan seksama sesuai kondisi tubuh yang didiagnosis oleh dokter tersebut.

Demikianlah tips kesehatan cara mencegah diabetes yang efektif. Semoga bermanfaat dan berguna bagi pembaca semua.

    Artikel Terkait

    Previous
    Next Post »