Makanan Ini Enak, Tapi Sebaiknya Jangan Dibiasakan Ketika Sahur dan Berbuka

menu minuman sahur dan berbuka
Tidak terasa, bulan Ramadhan kembali tiba, jasmani dan rohan pun harus sudah siap untuk menjalaninya dengan baik dan menyambut bulan yang penuh berkah ini. Bulan Puasa identik dengan sahur dan berbuka. Kebanyakan kita biasanya tidak terlalu memperdulikan asupan makanan yang dikonsumsi saat sahur atau pun berbuka, yang penting enak, kenyang, dan lepas dahaga, sehat atau tidak urusan belakangan.

Padahal memilah dan memilih menu makanan di saat waktu berbuka puasa dan juga sahur merupakan suatu hal yang sangat penting untuk kita cermati. Hal tersebut akan mempengaruhi tingkat produktivitas kita selama beraktifitas di siang hari. Tidak semua makanan baik untuk dikonsumsi ketika berbuka dan juga sahur. Ada beberapa makanan yang sebaiknya dihindari pada waktu-waktu tersebut. Berikut ini 7 makanan yang sebaiknya Kamu hindari ketika sahur atau juga berbuka:

7. Makanan Pedas 

menu minuman sahur dan berbuka
Menu masakan bulan Puasa yang satu ini rasanya sulit dihindari oleh masyarakat kita. Bayangkan saja, ada begitu banyak tempat makan yang menawarkan makanan dengan berbagai macam tingkat kepedasan. Dari tingkat kegilaan sampai kesetanan. Meskipun makanan pedas dapat menggugah selera, namun, konsumsi yang berlebih akan membuat kerusakan bagi dinding lambung. Saat berbuka adalah saat ketika perut sedang kosong, begitu pun hati *ups!*. Untuk itu, ada baiknya menghindari makan-makanan pedas pada kondisi ini, agar tidak menimbulkan gangguan perut setelahnya.

6. Makanan yang Terlalu Manis

menu minuman sahur dan berbuka
“Berbukalah dengan yang manis, teh botol jombloo…”, tentu kamu pernah mendengar theme song tersebut. Berbuka puasa memang dianjurkan untuk memulainya dengan yang manis, karena dapat mengembalikan kadar gula darah dalam tubuh dengan cepat. Namun jangan asal manis, manis yang dianjurkan adalah yang berasal dari buah-buahan, sebagaimana sunnahnya yaitu dengan buah kurma.

5. Makanan Berlemak

menu minuman sahur dan berbuka
“Berlemak” adalah sebuah kata yang cukup sensitif di kalangan muda-mudi, terutama kaum hawa. Namun, sekarang ini kita tidak membahas mengenai “lemak” tersebut, melainkan lemak pada makanan. Asupan makanan berlemak ternyata dibutuhkan untuk menambah energi bagi tubuh. Namun, konsumsi lemak secara berlebih ketika sahur atau berbuka akan menyebabkan tubuh sulit untuk mencerna makanan tersebut. Alih-alih energi bertambah, malah masalah yang timbul setelahnya.

4. Makanan Bersantan

menu minuman sahur dan berbuka
Siapa yang tidak kenal kolak, makanan bersantan khas bulan Ramadan yang sering kita temui menjelang berbuka. Ketika makanan ini menjadi hidangan berbuka, maka dapat dipastikan akan ada banyak gelas yang dihabiskan untuk meminumnya. Namun, tahukah kamu jika mengonsumsi santan secara berlebih akan menyebabkan kadar kolesterol meningkat, tekanan darah meningkat dan kadar gula darah melambung? Bahkan dapat memicu timbulnya stroke, jantung dan banyak lainnya. Untuk itu, ada baiknya mengurangi makanan bersantan ketika berbuka puasa.

3. Makanan Berat ketika Berbuka

menu minuman sahur dan berbuka
Ketika azan magrib berkumandang, seketika itu juga tangan kita bergerilya mengambil makanan di depan kita. Sudah tak terhitung berapa banyak jumlah gorengan, lontong, kolak yang telah kita habiskan. Perut rasanya mau pecah karena banyaknya makanan yang masuk. Hayoo, pasti di antara kamu sering mengalami hal tersebut kan? Berbuka dengan makanan berat sangat tidak dianjurkan, walau dalam kondisi lapar sekalipun. Karena pada saat itu lambung dalam kondisi beristirahat, sehingga kaget apabila harus langsung bekerja mencerna makanan. Ada baiknya berbuka dengan tidak terlalu berlebihan, karena semua hal yang berlebih itu tidak baik.

2. Makanan Mengandung Cokelat dan Keju

menu minuman sahur dan berbuka
“Everybody in the world likes chocolate. Ooh, we love it….” Kita tahu cokelat dan keju adalah makanan terlaris di dunia. Hampir semua makanan lezat terbuat dari kedua bahan ini. Sehingga apabila kita dihadapkan dengan makanan berbahan dasar cokelat dan keju, kita tidak mungkin dapat menahan godaan untuk memakannya. Namun, dalam kondisi sahur atau berbuka, sebaiknya kamu menghindari kedua makanan ini. Karena makanan ini sulit dicerna oleh lambung, sehingga apabila dikonsumsi akan menyebabkan perut kembung.

1. Minuman Dingin

menu minuman sahur dan berbuka
Tidak dapat dipungkiri godaan terberat orang yang berpuasa adalah haus. Menjelang waktu berbuka adalah saat-saat ketika godaan tersebut semakin menjadi. Bayangkan saja, begitu banyak iklan-iklan minuman dingin yang menawarkan nikmatnya meminum segelas es. Sehingga ketika waktu berbuka tiba, maka minuman dingin menjadi pilihan utama. Namun tahukah kamu, kebiasaan meminum minuman dingin berdampak buruk bagi tubuh karena dapat menyebabkan kontraksi pada lambung. So, mulai dari sekarang bongkar kebiasaan lama, ganti dengan yang baru, yaitu dengan minum segelas air putih hangat.

Semoga artikel ini dapat menambah pengetahuanmu dalam mengatur menu masakan bulan puasa. Dengan mengonsumsi makanan yang tepat, maka puasa akan membuat badan semakin sehat. Dengan badan sehat, maka kualitas ibadah akan semakin mantap.

Artikel Terkait

Previous
Next Post »