Cara Menghilangkan Ketombe Parah dengan Alami

Cara mengatasi Ketombe Parah
Cara Menghilangkan Ketombe Parah
Ketombe parah merupakan salah satu gangguan pada kulit kepala yang dialami oleh banyak orang terutama yang banyak beraktifitas fisik di luar. Ketombe parah akan membuat rambut terlihat kotor, kusam, lepek, dan terkesan tidak sehat. Ketombe itu sendiri adalah kumpulan sel kulit mati yang terkelupas karena berkurangnya folikel pada rambut di kepala.

Ketombe bisa dialami oleh semua orang, mulai dari wanita dan laki-laki baik tua ataupun muda,. Penyebab ketombe yang parah pun bisa berbeda-beda bagi setiap orang. Ketidakcocokan penggunaan produk shampo tertentu, ataupun stress, dan juga peralihan masa remaja dapat menjadi sebab timbulnya ketombe.

Ketombe parah juga bisa ditimbulkan karena faktor eksternal seperti udara yang kotor berdebu, cuaca yang lembab, dan rambut berminyak pun bisa menyebabkan munculnya ketombe pada kulit kepala anda. Ketika ketombe semakin parah, sebaiknya jangan menggaruk kulit kepala anda, karena dapat memperparah terjadinya ketombe, dan dapat menyebabkan kulit kepala menjadi luka dan infeksi. Berikut ini beberapa tips menghilangkan ketombe parah dengan alami yang cukup efektif untuk mengatasi masalah kulit kepala anda.

Cara Menghilangkan Ketombe Parah Dengan Baking Soda
Cara mengatasi Ketombe Parah Dengan Alami
baking soda untuk masalah ketombe parah

Cara menghilangkan ketombe parah yang pertama adalah dengan menggunakan baking soda. Baking soda biasanya banyak digunakan dalam membuat roti dan kue. Namun sebenarnya baking soda juga dapat digunakan sebagai bahan untuk menghilangkan ketombe. Baking soda dapat menghilangkan dan menghaluskan kulit mati yang menjadi penyebab utama ketombe. Selain itu baking soda juga dapat bekerja untuk mematikan jamur atau bakteri di kulit kepala. Caranya mudahk, anda hanya perlu mengambil satu sendok baking soda, campurkan dengan satu gelas air, kemudian aduk hingga merata. Selanjutnya siramkan ke kepala sampai menyentuh kulit kepala sambil dipijat. Bilas dengan menggunakan air sampai bersih. Lakukan secara rutin minimal 2 kali dalam seminggu.

Cara Menghilangkan Ketombe Parah Dengan Cuka

Cara selanjutnya yaitu dengan menggunakan cuka. Membilas kulit kepala dengan menggunakan cuka adalah salah satu cara yang efektif untuk menghilangkan ketombe parah. Cuka akan bekerja menghilangkan sel kulit mati yang menyebabkan ketombe. Selain itu, cuka juga tidak akan menyumbat pori-pori pada kulit kepala anda. Cuka dapat berfungsi sebagai fungisida yang membunuh jamur yang timbul di kulit kepala. Caranya pun sangat mudah, cukup dengan mengambil setengah cangkir air hangat yang dicampur dengan setengah cangkir cuka apel kemudian jadikan sebagai shampoo untuk mencuci kulit kepala anda.

Cara Menghilangkan Ketombe Parah Dengan Lidah Buaya
Cara mengatasi Ketombe Parah Dengan Alami
lidah buaya untuk masalah ketombe parah

Lidah buaya adalah tanaman yang memiliki segudang manfaat untuk berbagai macam kesehatan, salah satunya untuk mengatasi ketombe parah. Lidah buaya sangat efektif digunakan untuk menghilangkan gangguan pada kulit kepala serta dapat menyehatkan rambut. Kandungan yang terdapat di dalam lidah buaya dapat membantu menghambat proses proliferasi sel kulit. Anda hanya perlu menggunakan satu batang lidah buaya, kemudian dibelah menjadi dua untuk mengambil gelnya. Gunakan gel tersebut untuk diusapkan ke seluruh bagian kulit kepala hingga merata. Biarkan beberapa menit, kemudian bilas dengan air sampai bersih.

Cara Menghilangkan Ketombe Parah Dengan Garam
Cara mengatasi Ketombe Parah Dengan Alami
garam untuk masalah ketombe parah

Cara menghilangkan ketombe parah yang lain yaitu dengan menggunakan garam. Bahan ini mudah untuk didapatkan dan hampir di setiap rumah tersedia. Kristal pada garam dapat berfungsi untuk menghilangkan sel kulit mati. Dengan begitu kulit kepala anda akan bersih dan terhindar dari ketombe yang membuat gatal. Anda hanya perlu mengambil beberapa sendok garam yang bersih. kemudian gunakan sebagai scrub pada kulit kepala anda. Ratakan sambil pijat secara perlahan. Biarkan beberapa menit sampai Kristal garam merekat dengan baik pada kulit kepala. Pastikan kristal tersebut merata agar hasilnya bisa maksimal. Selanjutnya bilas dengan menggunakan air sampai bersih.

Selain bahan-bahan alami yang dijelaskan di atas, sebenarnya masih banyak juga alternatif lain yang bisa anda gunakan untuk menghilangkan ketombe parah seperti dengan menggunakan lemon, tea tree oil, daun neem, aspirin dan masih banyak lainnya. Jika digunakan secara teratur diharapkan dapat menghilangkan ketombe parah yang sangat menggangu kesehatan dan penampilan. Demikian beberapa cara menghilangkan ketombe parah secara alami. Jika ketombe tidak kunjung hilang dalam jangka waktu yang lama, ada baiknya anda menghubungi dokter spesialis kulit terdekat. Salam Sehathebat!

Artikel Terkait

Previous
Next Post »