Sering Kesemutan Saat Hamil? Lakukan Tips Ini!

cara mengurangi Kesemutan Saat Hamil
Tips Sering Kesemutan Saat Hamil
Sering kesemutan saat hamil sebaiknya jangan disepelekan begitu saja, karena kesemutan bagi ibu hamil bisa saja merupakan salah satu gejala penyakit yang berbahaya, misalnya diabetes mellitus. Kesemutan saat hamil memang kerap dirasakan sejalan dengan semakin besar usia kandungannya. Bagian yang paling sering kesemutan biasanya daerah pergelangan tangan atau daerah lengan serta kaki. Kemudian bagaimana cara yang bisa dilakukan oleh ibu hamil ketika mulai merasakan bagian tubuh yang kesemutan? Berikut ini beberapa tips yang bisa dilakukan untuk mengurangi sering kesemutan saat hamil.

1. Cukup Istirahat

Ibu hamil memang tetap mampu melakukan aktivitas harian sebagaimana biasanya. Namun, saat tubuh mereka merasa lelah, ibu hamil seharusnya bisa segera beristrahat. Jika anda paksakan tubuh untuk tetap melakukan aktivitas yang cukup berat dalam waktu yang lama, hal tersebut justru akan menganggu kesehatan tubuh serta kandungan sehingga salah satunya peringatan awalnya yaitu sering kesemutan. Salah satu langkah sederhana untuk mengurangi kesemutan pada ibu hamil yaitu tentu saja istirahat yang cukup supaya peredaran darah dalam tubuh kembali normal.

2. Terapi Pijat

Kesemutan saat hamil pada umumnya merupakan gejala normal yang tidak membahayakan, meskipun ada sebagian orang yang menganggap sebaliknya terutama jika anda memiliki riwayat penyakit diabetes mellitus. Namun, disamping rasanya yang sangat tidak nyaman, perlu diwaspadai juga jika kesemutan dirasakan dalam intensitas yang relatif sering. Agar kesemutan tidak sering dirasakan saat hamil, salah satu tipsnya yaitu dengan terapi pijat secara perlahan pada bagian yang mengalami kesemutan untuk membantu peredaran darah kembali lancar, baik dipijat sendiri ataupun dibantu orang lain. 

3. Mandi Dengan Air Hangat Dan Garam

Tips lainnya yang dapat anda lakukan untuk mengurangi seringnya kesemutan saat hamil yaitu dengan melakukan mandi air hangat dicampur sedikit garam. Atau setidaknya hanya merendam bagian yang terasa kesemutan. Misalnya, jika anda merasakan kesemutan pada bagian kaki, cukup rendam kaki anda dengan air hangat yang sudah dicampur dengan sedikit garam. Cukup mudah untuk dilakukan.

4. Olahraga Teratur

cara mengurangi sering kesemutan saat hamil
olahraga teratur dapat mengurangi sering kesemutan saat hamil
Walaupun harus menjaga tubuh dari rasa lelah, olahraga tetap penting dilakukan oleh ibu hamil. Tentunya dengan porsi yang sesuai dan lebih ringan. Salah satu olahraga yang dapat dilakukan saat hamil adalah yoga. Selain diharapkan dapat melancarkan proses persalinan, yoga juga dipercaya dapat menghilangkan kesemutan saat hamil. Anda dapat melalukan olahraga secara rutin untuk menjaga kelancaran peredaran darah sehingga kesemutan tidak sering terasa di bagian tubuh.

5. Hindari Kafein, Rokok, dan Alkohol

cara mengurangi Kesemutan Saat Hamil
minuman tidak sehat dapat menyebabkan sering kesemutan saat hamil
Peringatan yang tercantum pada bungkus rokok dan sejenisnya memang bukan hiasan formal semata. Nikotin pada rokok sangat berisiko menganggu peredaran darah sehingga kesemutan akan lebih sering dirasakan oleh ibu yang punya kebiasaan merokok. Lebih dari itu, sebaiknya jauhi kopi dan minuman beralkohol jika anda ingin tubuh anda serta bayi yang terkandung tetap sehat. Bahkan alangkah lebih baik jika anda berhenti untuk mengkonsumsinya mulai dari sekarang. Sayangi tubuh anda dan juga sang bayi.

Semoga beberapa tips mengurangi sering kesemutan saat hamil di atas dapat bermanfaat, semoga sehat selalu Bunda!

Artikel Terkait

Previous
Next Post »