Cara Menghilangkan Bau Badan dan Keringat Berlebih

Mengurangi Bau Badan dan Keringat Berlebih
Cara Menghilangkan Bau Badan dan Keringat Berlebih
Bau badan merupakan satu gangguan yang dialami oleh banyak orang, dan lebih dari itu, bau badan tidak hanya menggangu dirinya sendiri, namun juga orang lain di sekitarnya, terutama bagi pasangan. Apalagi jika disertai dengan keringat berlebih yang memperburuk penampilan dan kenyamanan. Maka wajar saja, bau badan yang tidak kunjung hilang dapat mengurangi rasa percaya diri seseorang.

Penyebab Bau Badan dan Keringat Berlebih

Gangguan bau badan sebenarnya bisa diakibatkan oleh beberapa sebab diantaranya yaitu produksi asam propionat secara alami oleh tubuh dan juga asam isovalerik yang dihasilkan oleh bakteri atau kuman yang dapat berkembang biak dengan baik di sekitar wilayah kulit yang lembab. Pikiran yang stres pun juga dapat mengakibatkan hormon tubuh untuk memproduksi keringat lebih banyak dari kadar normal yang dibutuhkan. Hal lainnya yaitu ketika terjadinya perubahan hormon seperti yang dialami beberapa orang saat menginjak usia remaja.

Pada umumnya, untuk mengatasi gangguan badan yang menyebabkan aroma yang tidak sedap, sebagian orang akan menggunakan cara praktis yang cukup ampuh seperti menggunakan deodoran ataupun parfum. Namun efeknya hanya sememtara saja karena sifatnya hanya menutupi aroma,  bukan menghilangkan sebab timbulnya gangguan bau badan ataupun keringat berlebih.

Cara Menghilangkan Bau Badan dan Keringat Berlebih

Oleh karena itu, daripada anda sibuk dengan memilih produk minyak wangi mana yang bisa tahan seharian menutupi bau badan yang muncul secara alami dari tubuh anda, lebih baik anda mulai mencoba untuk mengatasi sumber yang menyebabkan timbulnya bau badan tersebut, atau paling tidak dapat menguranginya. berikut ini beberapa tips serta Cara Menghilangkan Bau Badan dan Keringat Berlebih yang dapat anda coba.
Cara Mengatasi Bau Badan dan Keringat Berlebih
bau badan dan keringat berlebih dapat mengganggu orang lain di sekitar

1. Mandi Dengan Benar Secara Teratur

Mandi bukan hanya membasahi tubuh semata, namun juga benar-benar membersihkan kotoran yang menempel di tubuh baik yang tampak ataupun tidak kasat mata. Cobalah untuk mulai membersihkan tubuh anda secara sungguh-sungguh dan teratur minimal 2 kali dalam sehari. Dengan aktivitas rutin tersebut, anda juga dapat terhindar dari kuman dan bakteri yang dapat menyebabkan penyakit kulit selain berusaha menghilangkan aroma tubuh yang tidak sedap. Selain itu, mandi setidaknya dua kali sehari juga bisa menjadi salah satu tolak ukur gaya hidup sehat bagi kehidupan anda.

2. Pakaian dan Jenis Bahannya

Pakaian yang tidak higienis atau kurang bersih pencuciannya juga dapat menjadi salah satu penyebab timbulkan bau badan tidak sedap. Pakaian yang sudah dipakai terlalu lama seperti celana jeans ataupun jaket akan menjadi tempat konsentrasi keringat yang dihasilkan oleh tubuh anda, sehingga bakteri dan kuman pun dapat tumbuh subur. Cobalah untuk sering-sering mengganti dan mencuci pakaian anda. Selain itu, ada baiknya juga untuk memilih pakaian dengan bahan lebih dapat menyerap keringat dengan baik, terutama bagi anda yang banyak beraktifitas fisik.

3. Jaga Kondisi Ketiak

Sebagaimana telah disinggung sebelumnya, mayoritas penyebab utama bau badan adalah bersumber pada bagian ketiak yang memproduksi keringat berlebih. Oleh karena itu pilihlah jenis deodoran yang cocok untuk kulit anda yang dapat mengurangi produksi keringat tanpa menimbulkan iritasi kulit. Selain itu pastikan juga kondisi ketiak anda senantiasa bersih agar tidak memberi kesempatan bagi bakteri dan kuman untuk mengolah keringat yang lembab menjadi aroma tidak sedap yang menimbulkan gangguan bau badan. Caranya tentu saja dengan rajin membersihkan bulu ketiak baik dicabut ataupun cukup dicukur.

Demikian artikel mengenai beberapa tips serta Cara Menghilangkan Bau Badan dan Keringat Berlebih yang dapat anda coba, semoga bermanfaat!

Artikel Terkait

Previous
Next Post »