7 Kebiasaan Hidup Sehat Yang Bisa Diajarkan Kepada Anak

Anak adalah anugerah dari Tuhan Yang Maha Kuasa yang wajib kita jaga, pelihara, serta mengajarkannya agar menjadi insan yang bermanfaat bagi keluarga maupun masyarakat serta bangsa. Berbagai perilaku yang baik dapat diajarkan secara lebih dini dari mulai sejak masa kanak-kanak. Salah satu perilaku baik yang bisa di ajarkan ke anak yaitu mengenai bagaimana cara atau pola hidup sehat setiap harinya. Ada berbagai kebiasaan sehat yang dapat dipraktekkan bersama sekaligus diajarkan kapada anak anda tercinta.
Kebiasaan Hidup Sehat keluarga
keluarga sehat keluarga bahagia
Anak dapat diibaratkan selembar kertas putih yang masih kosong dan suci. Sebagai orang tua, tugas kita mengajarkan dan memberi contoh yang baik sebagai bekal kehidupannya saat dewasa nanti. Hal ini sangatlah penting untuk mulai dilakukan oleh seluruh para orang tua khususnya pasangan muda yang baru dikaruniai buah hati. Ada berbagai kebiasaan sehat yang mulai dapat diajarkan pada pangeran atau puteri kecil anda. Berikut ini 7 kebiasaan hidup sehat yang bisa diajarkan ke anak anda:

1. Mengkonsumsi Makanan Sehat Bersama

Kebiasaan Hidup Sehat keluarga
kebiasaan hidup sehat keluarga makan bersama
Untuk para orang tua, sedapat mungkin menghindangkan menu makanan sehat seperti buah-buahan dan sayuran hijau ke meja makan serta makan bersama-sama dengan anak anda.

2. Membawa Bekal Makanan Dari Rumah

Kebiasaan Hidup Sehat keluarga
kebiasaan hidup sehat keluarga bekal dari rumah
Jika anda menyuruh anak membawa bekal dari rumah, para orang tua yang bekerja harusnya juga membawa bekal makanan dari rumah. Dengan membawa bekal makanan dari rumah, kita pastilah tahu tentang sehat tidaknya makanan yang di bawa anda dan anak anda.

3. Berolahraga Bersama-Sama

Kebiasaan Hidup Sehat keluarga
kebiasaan hidup sehat keluarga olahraga bersama
Jika para orang tua menginginkan anak-anaknya hobi berolahraga, maka seharusnya anda harus memberi contoh yang sama pula. Bangunlah di pagi hari dan ajak anak untuk berolahraga pagi seperti berjalan santai maupun berlari pelan dengan didampingi oleh anda.

4. Jangan Merokok

Kebiasaan Hidup Sehat keluarga
kebiasaan hidup sehat keluarga jangan merokok
Para orang tua juga harus berhenti dari berbagai kebiasaan tidak sehatnya seperti merokok. Sebab, tidak akan pernah ada gunanya kalau anda melarang anak untuk tidak merokok, padahal anda selalu merokok di depan anak anda. Karena faktanya, merokok memang merugikan kesehatan tubuh anda.

5. Mulailah Tidur Cukup dan Rutin Setiap Malamnya

Kebiasaan Hidup Sehat keluarga
kebiasaan hidup sehat keluarga tidur di awal waktu
Khusus para orang tua, hilangkan kebiasaan begadang serta ajaklah anak untuk mulai tidur pada waktu yang telah di tentukan. Karena percuma saja menyuruh anak untuk mulai tidur, sedangkan anda asyik dengan kegiatan atau aktivitas malam anda.

6. Minum Air Putih Dalam Jumlah Cukup

Kebiasaan Hidup Sehat keluarga
kebiasaan hidup sehat keluarga cukup minum air putih
Sebagai orang tua yang bijaksana, ajarkan pada anak untuk minum-minuman yang menyehatkan dalam jumlah yang cukup. Dalam hal ini, tentulah minum cukup air putih setiap harinya, terutama di saat bangun tidur dan juga sebelum tidur.

7. Mengajarkan Untuk Mencuci Tangan

Kebiasaan Hidup Sehat keluarga
kebiasaan hidup sehat keluarga mencuci tangan
Kebiasaan mencuci tangan sebelum makan atau setelah beraktivitas atau bekerja harusnya menjadi rutinitas para orang tua sehari-hari. Hal ini, akan memotivasi anak untuk melakukan hal yang sama yang dilakukan oleh orang tuanya.

Semoga artikel kesehatan yang mengulas 7 kebiasaan hidup sehat yang bisa di ajarkan ke anak ini dapat bermanfaat bagi anda semua.

Artikel Terkait

Previous
Next Post »