Tips Tetap Sehat dan Segar Saat Puasa

Tidak terasa Bulan Puasa telah datang kembali, tak sedikit dari kita melihat suasana di bulan ramadhan ini begitu familiar dengan pemandangan orang-orang yang lesu dan kurang bersemangat, Tetapi jika kita perhatikan secara baik-baik, ada beberapa orang yang walau sedang berpuasa tetapi kondisi fisiknya tetap segar bugar, hmmm kira-kira apa rahasianya ya?
Tips Tetap Sehat dan Segar Saat Puasa
Tips Tetap Sehat dan Segar Saat Puasa

Tips Puasa Sehat Di Waktu Sahur

Jika tidak terlalu suka dengan buah-buahan waktu sahur, Anda bisa menggantinya dengan meminum jus buah-buahan agar tidak terjadi masalah pada saat BAB. Usahakan untuk menkonsumsi susu, karena susu berkhasiat mencegah kekurangan darah/ anemia yang mengakibatkan badan menjadi lemas ketika di siang hari. Menu makanan yang akan dikonsumsi sebaiknya yang banyak memiliki kandungan air atau vitamin sehingga tubuh tidak mengalami dehidrasi yang parah saat menjalani puasa. Kurma juga dapat membuat tubuh bugar sepanjang hari.

Saat sahur sebaiknya menghindari makanan yang manis dan sangat banyak mengandung gula, karena asupan makanan/minuman yang manis akan menyebakan tubuh menjadi lesu pada siang hari saat berpuasa. Selama bulan puasa sebaiknya hindari makan hidangan fast-food, gorengan, ataupun makanan yang terlalu pedas pada saat sahur karena dapat mengganggu sistem pencernaan pada siang hari.
Tips Tetap Sehat dan Segar Saat Puasa
kurma baik bagi Anda yang berpuasa 

Tips Puasa Sehat Di Waktu Berpuasa

Jika anda memiliki waktu luang di sore hari, sempatkan untuk berolahraga ringan seperti jalan sore, bersepeda santai, ataupun yoga. Hal ini sangat baik untuk menjaga kebubagaran tubuh dan memperlancar peredaran darah.

Kerjakan tugas-tugas Anda dengan perlahan tapi pasti. Usahakan tidak menumpuk pekerjaan yang mungkin bisa membuat andastress, stress akan menyebabkan otak lelah dan tentunya perut bisa terasa lebih lapar.

Istirahatlah sejenak, bila pada saat jam istirahat lebih baik Anda pakai untuk tidur sejenak, setalah sholat zuhur adalah waktu terbaik untuk tidur sejenak. Tidur selama 15 menit saja sudah dapat membangkitkan kembali semangat.

Lakukan pemanasan dan olahraga ringan seperti berjalan kaki saat berpuasa, hal ini sangat disarankan. Olahraga juga bermanfaat untuk memperlancar peredaran darah dan menjaga kebugaran tubuh anda.
Tips Tetap Sehat dan Segar Saat Puasa
pohon kurma

Tips Puasa Sehat Di Waktu Berbuka

Di waktu-waktu paling panas di siang hari, hindari aktifitas fisik yang tidak terlalu dibutuhkan dan berlebih. Serta juga jangan terlalu lama berada dibawah terik matahari secara langsung. Jika memiliki waktu, sempatkan untuk beristirahat, dan mengganti waktu tidur yang kurang karena bangun lebih awal untuk sahur. Waktu setelah sholat dzuhur merupakan saat yang tepat bagi Anda untuk beristirahat.

Saat terpaksa harus berbuka puasa di jalan akibat macet atau pekerjaan, jangan lupa untuk menyiapkan ta’jil sebelum Anda hendak pulang ke rumah. Kurma merupakan makanan ta’jil terbaik bagi Anda ketika berbuka puasa.

Saat waktu buka puasa, jangan makan secara tidak terkontrol dan berlebih. Sebaiknya Anda mengikuti sunnah dalam berpuasa, yaitu dengan memakan buah kurma dan minum minuman yang manis, seperti susu, teh, jus buah atau air mineral juga cukup bagus. Minumlah air yang cukup untuk menggantikan kadar cairan tubuh yang hilang selama berpuasa.

Biasakan untuk bersegera dalam berbuka, jangan lama lama menundanya, tapi ingat jangan kalap saat menyantapsemua menu buka puasa.

Sekian beberapa tips sehat dan segar saat puasa, semoga dapat bermanfaat dan membuat ibadah puasa Anda semakin baik dan menyehatkan!

Artikel Terkait

Previous
Next Post »